DOI Number :
Hits : 27

WIDERSTANDTRANSFORMATIONEN MIT GEKOPPELTEN ZWEIKREISIGEN SCHALTUNGEN BEI BELIEBIGER BANDBREITE

Iskandar Alisjahbana,

Data & Software Engineering Research Group
STEI-ITB, Jl. Ganeca No.10, Bandung 40132, Indonesia


Abstract.

Di bidang frekwensi gelombang pendek, yaitu kira-kira antara 1 MHz sampai 30 MHz, penjesuaian2 tahanan biasanja dilakukan dengan transformator2 saluran atau rangkaian2 transformasi jang terjadi dari kapasitet2 dan induktivitet2 tanpa botjor tenaga. Beberapa percobaan untuk melakukan penjesuaian tahanan dengan tjara jang sering dipakai di bidang frekwensi suara, jaitu dengan dua kumparan jang bergandengan, memberikan hasil jang memuaskan.

Publikasi ini memuat hasil2 perhitungan jang merupakan dasar teori dari pertjobaan jang di atas, dan membatasi diri pada bidang frekwensi, dimana transformator masih bersifta kwasi-stationer.

Perhitungan jang banjak persamaannja dengan perhitungan di publikasi ini, telah dilakukan oleh Feldtkeller, tetapi hanja untuk bidang frekwensi relatip jang sempit (∆ f/fm < 10%).

Untuk bidang frekwensi jang lebar, Meinke mengusulkan tjara perhitungan grafis jang berdasarkan perhitungan Feldkeller. Kesalahan-kesalahan jang dibuat karena pengabaian2 , jang sebetulnja tak dapat lagi dilakukan pada bidang-frekwensi jang lebar, diperbaiki setjara bertahap.

Tjara perhitungan tanpa pengabaian2 untuk lebar bidang frekwensi sembarang, haruslah memakai fungsi Tschebyscheff dalam bentuk petjahan. Berlainan dengan Cauer, fungsi petjahan Tschebyscheff jang dipergunakan dalam publikasi ini adalah dalam bentuk aslinja.



Keywords: Electrotechnique

Download Article
 
Bahasa Indonesia | English
 
 
 

Notification:

Begin on 10 October 2014 this website is no longer activated for article process in Journal of Mathematical and Fundamental Sciences, Journal of Engineering and Technological Sciences, Journal of ICT Research and Applications and Journal of Visual Art and Design. The next process will be proceeded under new website at http://journals.itb.ac.id.

For detail information please contact us to: journal@lppm.itb.ac.id.

 
       
       
       ITB Journal Visitor Number #24094486       
       Jl. Tamansari 64, Bandung 40116, Indonesia Visitor IP Address #       
       Tel : +62-22-250 1759 ext. 121 © 2011 Institut Teknologi Bandung       
       Fax : +62-22-250 4010, +62-22-251 1215 XHTML + CSS + RSS       
       E-mail : journal@lppm.itb.ac.id or proceedings@lppm.itb.ac.id Developed by AVE