DOI Number : 10.5614/itbj.vad.2007.1.1.1
Hits : 3

Looking into the Credibility of Appearance: Exploring the Role of Color in Interface Aesthetics and How it Affects our Perception on System’s Credibility

Achmad Syarief1, Haruo Hibino2

1Industrial Design Research Division, Faculty of Arts and Design, Bandung Institute of Technology
2Design Psychology Research Division, Department of Design, Faculty of Engineering, Chiba University


Abstract. Dalam penelitian  ini dikaji hasil tiga eksperimen sebagai kelanjutan studi yang pernah dilakukan oleh Kurosu-Kashimura [1] dan Noam Tractinsky [2] tentang  relasi antara persepsi pengguna dengan kualitas estetik dan usability tampilan interface. Berdasar dua premis utama yaitu bahwa persepsi estetik dipengaruhi latar belakang kultural serta tampilan yang atraktif dapat mempengaruhi persepsi kehandalan sebuah produk., Dalam penelitian ini dievaluasi bagaimana persepsi pengguna migran (:orang Indonesia yang berada di Jepang) terhadap relasi antara tampilan estetik  dan apparent usability pada sebuah interface produk. Dalam eksperimen dilakukan investigasi efek tampilan warna pada sebuah interface produk terhadap persepsi trustworthy (tingkat kepercayaan) dan credibility (tingkat kredibilitas) produk secara umum. Sebagai stimulus, digunakan tampilan  layout-utama (hasil modifikasi) layar ATM bank di Jepang.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa nilai estetik tampilan interface mempengaruhi persepsi user atas credibility (tingkat kredibilitas) dan trustworthy (tingkat kepercayaan) sebuah objek. Latar belakang budaya pengguna tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi estetik tampilan interface apabila pengguna telah melakukan adaptasi eksperiential  atau memiliki pengalaman interaksi dengan produk dengan komposisi layout sejenis. Lebih lanjut hasil penelitian menunjukkan bahwa warna memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan kualitas ke-atraktif-an, persepsi kredibiltas (credibility), dan tingkat penerimaan (acceptability) pengguna (user). Eksperimen lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa sebuah kombinasi warna pada sebuah tampilan interface, dapat memiliki pengaruh yang bermakna  pada keterpakaian sebuah  produk.


Keywords: aesthetics; apparent usability; color; interface design; perceived credibility.

Download Article
 
Bahasa Indonesia | English
 
 
 

Notification:

Begin on 10 October 2014 this website is no longer activated for article process in Journal of Mathematical and Fundamental Sciences, Journal of Engineering and Technological Sciences, Journal of ICT Research and Applications and Journal of Visual Art and Design. The next process will be proceeded under new website at http://journals.itb.ac.id.

For detail information please contact us to: journal@lppm.itb.ac.id.

 
       
       
       ITB Journal Visitor Number #24229856       
       Jl. Tamansari 64, Bandung 40116, Indonesia Visitor IP Address #       
       Tel : +62-22-250 1759 ext. 121 © 2011 Institut Teknologi Bandung       
       Fax : +62-22-250 4010, +62-22-251 1215 XHTML + CSS + RSS       
       E-mail : journal@lppm.itb.ac.id or proceedings@lppm.itb.ac.id Developed by AVE