DOI Number : 10.5614/itbj.sci.2007.39.1-2.8
Hits : 15

Pengukuran Parameter Seismik dan Difraksi Sinar-X (XRD) pada Batuan Karbonat Formasi Parigi

John Adler1,2 & Bagus Endar Bachtiar Nur Handoko1

1
Laboratorium Inversi Gelombang dan Pencitraan Fluida Bawah Permukaan (WISFIR), Kelompok Keahlian Fisika Sistem Kompleks, FMIPA, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesa 10 Bandung, Indonesia 40132

2Jurusan Teknik Komputer, Universitas Komputer Indonesia Jl. Dipati Ukur 112-118 Bandung, Indonesia 40132, email: johnadl_007@yahoo.com


Abstract. Substitusi fluida merupakan bagian dari studi seismik untuk memodelkan dan menghitung berbagai macam skenario substitusi fluida yang memberi petunjuk pada pengamatan respon AVO (Amplitude Variation with Offset) dan data seismik post stack. Substitusi fluida melibatkan persamaan Gassmann yang akan mengestimasi efek fluida terhadap parameter modulus bulk. Prediksi parameter modulus bulk ini dapat dipakai untuk mencari keberadaan hidrokarbon.
Eksperimen dilakukan  terhadap beberapa sampel core batuan karbonat formasi Parigi di daerah Cirebon. Batuan karbonat yang diprediksi berkategori reef dengan kandungan mineral Calcite yang dominan. Kemudian diukur di dalam laboratorium seismik batuan tekanan tinggi dengan variasi tekanan berupa overburden dan pore pressure. Pengamatan dilakukan saat fluida berupa air disubstitusikan ke dalam batuan serta mengamati efek fluida yang terjadi ketika variasi tekanan diberikan. Pengaruh dari kehadiran fluida ini akan digunakan untuk menjelaskan efek substitusi fluida pada batuan karbonat.
Kenaikan atau bertambahnya kecepatan gelombang-P ini berbanding lurus dengan modulus bulk dari fluida pengisi pori, sedangkan kecepatan gelombang-S cenderung menurun dengan kehadiran fluida. Hal ini menyatakan bahwa asumsi Gassmann tidak berlaku untuk batuan karbonat.


Keywords: Gelombang-S dalam Batuan Karbonat; Persamaan Gassmann; Reservoar Batuan Karbonat; Substitusi Fluida

Download Article
 
Bahasa Indonesia | English
 
 
 

Notification:

Begin on 10 October 2014 this website is no longer activated for article process in Journal of Mathematical and Fundamental Sciences, Journal of Engineering and Technological Sciences, Journal of ICT Research and Applications and Journal of Visual Art and Design. The next process will be proceeded under new website at http://journals.itb.ac.id.

For detail information please contact us to: journal@lppm.itb.ac.id.

 
       
       
       ITB Journal Visitor Number #24086406       
       Jl. Tamansari 64, Bandung 40116, Indonesia Visitor IP Address #       
       Tel : +62-22-250 1759 ext. 121 © 2011 Institut Teknologi Bandung       
       Fax : +62-22-250 4010, +62-22-251 1215 XHTML + CSS + RSS       
       E-mail : journal@lppm.itb.ac.id or proceedings@lppm.itb.ac.id Developed by AVE